081 225 995 90
081 225 995 90
081 225 995 90
danice218@yahoo.com

Cara Membedakan Batik Tulis Asli Dengan Batik Cap atau Printing

Monday, February 1st 2016.

Cara Membedakan Batik Tulis Asli Dengan Batik Cap atau Printing

Terkadang kita sulit untuk membedakan yang mana batik tulis asli, yang mana batik cap atau printing. Apalagi untuk orang  awam yang belum begitu mengenal batik tulis asli.  Ada sedikit tips n cara untuk membedakannya, diantaranya sebagai berikut :

batik tulis (detail)
•    Berdasarkan cara dan proses pembuatannya :
Batik tulis asli, semua proses dikerjakan secara manual, satu per satu dengan canting, lilin batik atau malam, kain dan pewarna. Biasanya proses lebih lama dibandingkan batik cap atau printing
Batik cap, diproses dengan menggunakan alat cap atau sablon yang sudah terpola batik.  Alat cap atau sablon dicelupkan ke dalam lilin batik atau malam yang panas, kemudian ditekan distempelkan di atas kain yang dikehendaki. Proses ini lebih cepat dibandingkan dengan proses pembuatan batik tulis asli. Karena batik tulis asli dibuat dengan menitikkan satu persatu pada kain dengan canting dan malam panas sampai selesai.
Batik printing, pada proses pembuatannya, pola telah diprint di atas alat sablon, sehingga pembatikan dan pewarnaan bisa dilakukan secara langsung. Tanpa ada proses menggunakan canting, dan lilin batik atau malam. Dengan demikian proses pembuatan lebih cepat dibandingkan dengan proses pembuatan batik tulis asli atau batik cap.

•    Berdasarkan hasil akhir setelah proses jadi :

Batik tulis asli, ornamen satu dengan yang lain berbeda, meskipun sekilas hampir sama bentuknya, isennya antara yang satu dengan yang lain juga berbeda, bentuknya rapi, rapat, luwes dan tidak kaku
Batik cap, ornamen satu dengan yang lain sama persis. Bentuk isennya antara yang satu dengan yang lain sama, rapi tapi agak jarang, kalaupun agak rapat terjadi mbleber (goresan yang satu dengan yang lain saling bersinggungan, sehingga kesannya kasar)
Batik printing, ornamen yang satu dengan yang lain bisa sama, ataupun berbeda, tergantung dari batik yang akan ditiru, karena batik printing biasanya meniru batik yang sudah ada. Warna batik printing biasanya tidak tembus, karena proses pewarnaan hanya pada satu sisi atau satu muka saja.

Produk terbaru

Rp (Hubungi CS)
new
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)